KETERANGAN LENGKAP DE

DETOX EMOTION

Detox Emotion/Witness Therapy, mungkin nama ini masih asing bagi anda.

Apa itu Detox Emotion/Witness Therapy?

Sebagai arti kata, Witness saya artikan ‘pengamat’ atau ‘saksi’ dan Therapy sesuai asal katanya Therapeutic, saya bedakan dengan ‘treatment’. Kalau ‘treatment’ adalah sebuah langkah pengobatan dan saat ini treatment hampir disamakan dengan terapi. Sedangkan Therapeutic mengandung makna yang lebih dalam, yaitu ‘put out your garbage’ atau membuang sampah. Sampah disini adalah emosi-emosi yang berpotensi untuk mengganggu dalam berpikir secara jernih.

Jadi Detox Emotion bukanlah langkah pengobatan, atau langkah penyembuhan. DE (Detox Emotion) adalah sebuah langkah untuk membuang sampah-sampah emosi yang berpotensi mengganggu dalam kejernihan berpikir yang juga akan mengganggu sistem metabolisme tubuh yang berhubungan dengan kesehtan secara menyeluruh. Langkah membuang sampah emosi ini juga akan mempengaruhi penerimaan kita terhadap peristiwa hidup yang berhubungan dengan kebahagiaan dan keberlimpahan kehidupan.

OUTPUT DETOX EMOTION

Karena DE bukanlah pengobatan atau penyembuhan, maka siapapun dapat menjadikan DE sebagai ‘gaya hidup’.

Bila kejernihan ada dalam diri anda, maka seluruh persoalan dari persoalan pribadi, pekerjaan, bisnis, rumah tangga dapat ‘diselesaikan’ dengan mudah.” – Selesaikan persoalan dalam dirimu dan persoalan di luar dirimu akan selesai dengan sendirinya.

Keterikatan akan masa lalu, kecemasan akan masa depan, kegelisahan dalam langkah yang diambil, tidak dapat menikmati tidur dengan nyaman, kecemasan dalam menetapkan goal pekerjaan dan bisnis, hubungan rumah tangga, gangguan kesehatan, kesemua itu sangat mungkin disebabkan karena timbunan emosi-emosi yang tidak disadari namun telah menjadi kerak-kerak sampah di dalam diri.

DE ini bukan training, bukan workshop, dan bukan seminar. Saya menamakan DE ini sebagai Group Terapi.

Mengapa Group? Karena saya mengharapkan interaksi yang lebih intens antar sesama peserta. Saya akan mengajak untuk melihat dan mengamati pergerakan pikiran, dari hal yang paling sederhana sampai hal yang paling mengganggu. Dan menemukan sabotase-sabotase yang dibuat oleh pikiran sendiri yang sering menyebabkan diri kita merasa sudah tenang, merasa sudah damai, merasa sudah kuat, merasa sudah ceria. Sabotase pikiran inilah yang sering mengelabuhi diri sehingga kita tidak tuntas dalam menyelami masalah dan merasa sudah selesai dengan masalah tersebut.

Sehingga output di atas dapat diringkas menjadi:

  1. Melahirkan keberlimpahan dalam hidup
  2. Berdamai dengan kecemasan, ketakutan, kegelisahan, kekhawatiran yang timbul dalam kehidupan.
  3. Melahirkan ketenangan dalam setiap menghadapi permasalahan yang ada.
  4. Mempunyai cara pandang yang lebih luas terhadap persoalan, baik pekerjaan, pribadi maupun pekejaan yang mengacu kepada ‘action oriented’

TEKNIK DETOX EMOTION

Dalam kegiatan DE ini saya tidak menyuguhkan banyak teori. Anda memerlukan langkah nyata bagaimana menyelami pikiran anda, dan untuk itu saya akan mengajak anda aktif dan total menyelaminya dalam setiap sesi. Setiap sesi latihan semua anggota Group akan sharing tentang pengalamannya sehingga masing-masing akan diperkaya wawasannya dengan sharing tersebut.

Dengan latihan-latihan dalam DE ini, kita tidak hanya tahu secara teori, namun mempunyai pengalaman nyata tentang pergerakan pikiran itu sendiri.

Teknik-teknik Detox Emotion meliputi:

  1. Solution Focused Brief Consulting
  2. Adlerian dan Psikodinamik
  3. Gestalt dan Psikodrama
  4. Humanistik Fenomenologis
  5. Teknik Mindfulness

Saya membagi kegiatan Group Terapi DE ini menjadi 4 sesi.

Sesi Stay in Your Mind, kita akan menyelami tentang pikiran dari sisi masalah yang ditimbulkannya dan sabotase yang ada.

Sesi Bridging of Mind, kita akan menyelami perbedaan fungsi pikiran ketika ia menganalisa dan ketika fungsi analisa dihentikan.

Sesi Jumping, kita akan menyelami bagaimana teknik-teknik untuk mencapai ‘No State of Mind’

Sesi Line of The Problem, kita akan menyelami bahwa tidak ada yang perlu diprogram ulang dari bawah sadar manusia. Dengan melihat secara utuh dari ‘line of the problem’ dan mengalami bahwa sifat alami pikiran adalah mengalir, maka setiap diri manusia yang unik dapat menemukan caranya sendiri dalam membuat solusi atas apapun yang hadir dalam hidup sebagai saksi atau pengamat atas dirinya sendiri.

Dalam kaitannya dengan kata ‘Ikhlas’, seseorang dapat masuk kedalam ‘zona ikhlas’ apabila tumpukan emosi yang berpotensi mengganggu telah dibersihkan, yaitu kecemasan, kegelisahan, kemarahan, kegalauan, dan lain-lainnya. Siapa yang dapat membersihkan? Yaitu diri anda sendiri karena tidak ada orang di luar diri anda yang dapat membersihkannya.

Dengan gaya hidup ‘Witness’ ini, anda tidak akan meng-identifikasikan diri anda dengan kemarahan, kegelisahan, kecemasan yang anda alami, sehingga anda dapat mengambil jarak dari hal-hal tersebut dan dapat mengambil keputusan secara tepat atas kehidupan anda. Keputusan yang tepat inilah yang diperlukan dalam semua sisi kehidupan, baik itu kehidupan pribadi, rumah tangga, hubungan orang tua dan anak, pekerjaan, bisnis, dan juga kehidupan keagamaan anda.

Detox Emotion

www.agungwebe.org